Inilah Spesifikasi Honda CB 100 Yang Kian Diburu Pecinta Motor Antik

Inilah Spesifikasi Honda CB 100 Yang Kian Diburu Pecinta Motor Antik Label: HONDA, MOTOR ANTIK, MOTOR KLASIK, REVIEW, SPESIFIKASI Salam bikers motor mania di seluruh tanah air... Salah satu motor lawas yang kini tengah menjadi buruan para pecinta motor antik adalah Honda CB 100, nah apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar nama CB 100? Mungkin bagi sebagian bikers yang lahir diatas tahun 90-an akan merasa bingung seperti apakah wujud motor tersebut, namun bagi mereka yang memiliki orang tua yang hobi otomotif pastinya akan sedikit mengenal motor sport klasik dari pabrikan berlogo sayap sebelah ini. Nah, untuk lebih mengenal motor CB 100, kali ini kami akan mengulas sejarah kelahiran dan spesifikasinya khusus untuk anda pembaca setia Motor antik.
Honda CB 100 juga disebut sebagai Super Sport 100 lahir dari Honda CB series pada tahun 1970. CB sendiri mungkin adalah singkatan dari Commuter Bike atau City Bike yang diciptakan Honda sebagai alat transportasi harian bergaya sport. Dalam kurun waktu 3 tahun yaitu sampai dengan tahun 1972, motor ini telah menjadi sepeda motor favorit di beberapa negara sebagai motor berkategori city bike yang tangguh dan hemat bahan bakar. Perkembangan rancangan sasis dan desain motor CB ini tidak terlalu revolusioner, ini terlihat pada model-model generasi selanjutnya yang masih menggunakan platform CB 100 namun masih terus disukai karena kesederhanaan dan kehandalannya. Spesifikasi Honda CB 100
Jantung pacu Honda CB 100 adalah mesin 4 tak satu silinder berkapasitas 99 cc yang menggunakan udara sebagai alat pendinginannya. Mesin tersebut mampu memproduksi daya maksimum hingga 11 tenaga kuda pada putaran mesin 8.000 Rpm, tenaga ini dinilai cukup untuk ukuran sebuah sepeda motor ringan yang memiliki bobot kosong sebesar 209,4 pounds atau 95 kg. Dengan gaya berkendara yang baik pada lintasan panjang dan lurus motor antik ini mampu menyentuh angka kecepatan tertinggi sebesar 70 mil/jam. Namun sejak dilakukan penambahan ukuran kampas rem pada kedua rodanya yang berdiameter 18 inchi, motor ini cukup cepat untuk dikendarai dengan lebih aman. Motor CB 100 mempunyai manuver yang lincah ketika diajak melewati jalanan kecil yang padat, gerakannya yang gesit mampu menerobos kemacetan dengan mudah. Mesin CB 100 diciptakan dengan sistem pelumasan basah ala Honda yang membuat pemeliharaan angin lebih stabil. Sistem transmisi 5 kecepatan, didukung oleh kopling multi-pelat tipe basah untuk memudahkan pengoperasian di jalanan kota yang ramai dan memerlukan sejumlah perpindahan gigi besar selama perjalanan singkat. Dirancang untuk penggunaan dalam kota Honda CB 100 memiliki jok berbentuk datar yang nyaman dengan dukungan suspensi yang cukup memadai untuk berbagai kondisi jalan. Dengan sebuah tanki bahan bakar yang bisa memuat 2 galon atau sekitar 7,5 liter bensin, motor antik Honda ini mempunyai angka konsumsi BBM antara 80 - 95 Mpg dalam kondisi pemakaian harian. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh mesinnya yang hanya berkapasitas 100 cc dan rangka serta bodi motor yang ringan, sehingga membuat perjalanan pemiliknya menjadi lebih hemat dan praktis. Gambar Honda CB 100 Tahun 1972 Warna Putih Polet Merah Selama diproduksi dalam rentang waktu dari tahun 1970 -1972 terdapat beberapa perubahan aksesoris untuk setiap tahunnya, tapi secara teknis tidak ada perubahan yang signifikan. Model yang paling banyak disukai oleh para penggemar motor Honda klasik ialah Honda CB 100 produksi tahun 1972. Tanki dan kedua cover sampingnya berwarna putih dengan tambahan warna sticker yang serasi serta banyaknya aksen krom pada beberapa bagian seperti spatbor, penutup rantai, spion dan rak bagasi belakang menjadikannya lebih bernilai retro klasik. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jeroan motor ini, kita lihat data spesifikasi Honda CB 100 di bawah ini : 1970 SUPER SPORT 100 (CB100K0) Mesin Tipe Mesin : 99 cc, air cooled, single cylinder, 4-stroke Bore and Stroke : 50.5 mm x 49.5 mm Jumlah Katup/Silinder : 2 valves/ 1 cylinder Daya Maksimum : 11.5 hp (85.8 kW) @ 11000 rpm Tipe Battery(Accu) : 6N6-3B -- 6 volt Drivetrain Transmission type : 5 speed manual dengan kopling mulitiplat tipe basah Final Drive: Chain / Rantai Sasis / Suspensi / Rem Sasis/Rangka : Besi pipa/ tunggal Ukuran Ban Depan : 2.50-18 Ukuran Ban Belakang : 2.75-18 Rem Depan : 110 mm drum Rem Belakang : 110 mm drum Dimensi Kapasitas Tanki BBM : 7.5 litres (2 gal. US) Berat Kosong : 95 kg (209.4 pounds) Warna Candy Blue Green with white stripes Candy Ruby Red with white stripes Candy Gold with white stripes Lain-lain Penutup garpu depan dan penutup shock belakang serta lampu shell yang sama dengan warna dasar. Fender/Spatbor depan dan belakang berwarna krom. Nomor seri mulai CB100-100001. Saat ini keberadaan motor Honda CB 100 ini sudah semakin langka, apalagi dengan kondisi yang masih sangat orisinil. Namun model-model motor antik Honda yang masih asli tersebut masih bisa ditemukan di beberapa daerah di Inggris. Sementara di asia termasuk Indonesia mungkin hanya bisa terhitung jari, karena biasanya beberapa pemilik Honda CB 100 di tanah air lebih banyak mengganti beberapa bagian baik itu onderdil maupun aksesorisnya dengan produk lokal, bahkan tidak sedikit dari mereka yang merubah secara total bentuk aslinya dengan cara melakukan modifikasi menjadi motor bergaya chooper ataupun yang lainnya. Padahal jika menggunakan kualitas onderdil yang tepat dalam hal ini spare parts asli Honda, CB 100 ini akan menjadi motor antik yang memberikan nilai lebih bagi pemiliknya. Itulah ulasan kami mengenai motor antik Honda CB 100 yang kini banyak dicari oleh para bikers pecinta motor retro klasik di tanah air, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang perbendahaaran jenis motor Honda Jadul yang dulu pernah populer di tanah air. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya yaitu Harga Motor Honda BeAT eSP Terbaru di Jakarta, terima kasih semoga bermanfaat ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Honda CB

Biaya Dan Cara Modifikasi GL Max Jadi CB Glatik