Makna Honda CB
Apa makna CB?
motor yang dulunya menjadi kebanggaan
bagi generasi para orang tua kita dulu, kini menjadi kebanggaan kita para pemuda beda generasi yang sampai saat ini begitu mengagumi motor Honda yang satu ini. dulu saat saya melihat kecintaan para pengguna motor cb, saya menjadi bingung dan
terheran-heran sembari bertanya-tanya tentang alasan yang mendasari mengapa mereka sangat menyukai motor tersebut
namun, setelah saya menggunakan motor tersebut selama hampir 1 tahun yang awalnya karena terpaksa, kini saya mulai merasakan apa yang dulu saya pertanyakan di dalam hati tentang para pecinta cb yang begitu nikmat menggunakan motor “tua” yaitu cb. memakai motor seperti Honda cb membuat kita mengerti tentang arti sebuah kerja keras yang di rasakan selama kita mengendarai sepeda
motor cb sebab dalam mengendarai kendaraan yang umurnya sudah tua memerlukan adanya saling pengertian antara pengendara dengan kendaranya dengan kata lain ketika kita mencoba mengerti situasi kendaraan kita maka kita sedang menjalani proses penyesuaian walaupun dalam keadaan yang tidak menyenagkan dan hal tersebut seperti yang terjadi dalam Filosofi kehidupan.
APA ITU HONDA CB
Honda CB kali pertama masuk ke Indonesia di tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1. CB 100 K1 Saat itu, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepedamotor Honda masih bernama PT. Federal Motor. Disamping CB 100 diproduksi pula tipedengan kapasitas enjin yang lebih besar yaitu 125cc, 175cc, dan 200 cc.Khusus untuk tipe 175cc dan 200cc memiliki performa yang lebih baik dikarenakan memakai silinder ganda. Namun bagaimanapun, di Indonesia CB100 lebih populer dikarenakan harganya yang lebih murah dan perawatannya juga gampang.
honda_cb_100
CB series merupakan pioneer motor sport dengan jenis mesin 4 tak. Irit namun bertenaga. Sementara merek lain masih bermain dengan enjin jenis 2 tak.Toh,pandangan visioner dan futurist manajemen PT. Federal Motor saat itu, terbukti benar.4 tak menjadi raja saat ini. Karena mendominasi jualan seluruh ATPM. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit. Bila dirata-ratakan,maka setiap tahunnya penjualannya di kisaran 60 ribu unit.Di masanya, merupakan dominator motor lokal.Hingga saat ini, seperti sepedamotor Honda lansiran lawas selalu menjadi buruan yang
mengasyikan. Terlebih lagi aliran original. Di daerah Nganjuk,Jawa Timur malah ada pendapat:jangan mengaku orang Nganjuk kalo
belum punya CB. Hal ini wajar,karena di seluruh Indonesia, di Nganjuk lah komunitas pemilik Honda CB terbanyak.
CB 100 K0, K1, dan K2 . . . . apa aja bedanya? Mengenai perbedaan dari 3 varian generasi awal CB 100 supersport. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu dan menambah informasi kita semua tentang salah satu motor legenda Honda yang tahan banting ini.
1970 Super Sport CB 100 (CB 100 K0) Tersedia 3 Warna dengan variasi strip putih di tangki bahan bakarnya yaitu : Candy Blue Green, Candy Ruby Red, and Candy Gold Tutup Sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan
warna tanki
Warna fendernya krom mesin satu silinder 99cc, OHC, 5 kecepatan No serial mulai dari CB100-100001 1971 Super Sport CB 100
(CB 100 K1) Tersedia 3 variasi Warna : Crystal Blue Metallic, Candy Ruby Red, and Candy Gold
Setengah bagian kebawah dari tangki berwarna putih Emblem “CB100″ pada tutup dop kiri kanan terbuat dari plastik terdapat trim warna krom pada Joknya Tutup Sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki fender berwarna krom mesin satu silinder 99cc, OHC, 5 kecepatan No serial mulai dari CB100-200001 1972 Super Sport CB 100 (CB 100 K2) . . . di Indonesia dikenal juga sebagai CB Gelatik Tersedia 2 variasi Warna : Putih dengan kombinasi Light Scarlet Red, dan Putih dengan kombibnasi Aquarius Blue Pada sisi samping tangki bagian atas terdapat warna merah atau biru, sedangkan bawahnya Hitam Lambang striping segitiga pada dop kiri kanan berwarna sesuai dengan warna dasar merah atau biru Tutup Sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu berwarna Hitam No serial mulai dari CB100-1200001 Sebenarnya masih ada Varian K3 dan seterusnya sampai CB 100 N . . . akan saya lanjutkan jika datanya sudah cukup . .
BEDA CB K0, CB K1 dan CB K2…gelatik series lanjot masalah per CB-an…ki kolor ijo juga kagak ngerti nih…apakah semua varian CB masuk Indonesia….soale CB gelatik rakitan astra motor baru muncul di tahun 1972…disebut juga CB gelatik yang kubikasinya 100 cc 5 percepatan, nah bedanya dengan yang pendahulunya apa aja
sih???
CB K0
Varian Super Sport yang kubikasinya 100 CC
Warna dari CB 100 SS
o Candy Blue Green dengan white stripes
o Candy Ruby Red dengan white stripes
o Candy Gold with dengan white stripes
Penutup sock depan dan sock belakang
memiliki warna yang sama dengan cat body
Fenders telah di chrome
Serial Number Mulai CB100-100001.
CB K1 merupakan generasi lanjutan CB
K0..padahal baru satu tahun berselang..mesin udah ganti lagi…
CB K1
Warna
Crystal Blue Metallic
Candy Ruby Red
Candy Gold
Warna bagian bawah fuel tank putih
Dop “CB100″ side cover emblem terbuat dari
plastik
Pada jok terdapat list chrome
Tutup shock depan dan belakang serta batok
lampu memiliki warna yang serupa dengan cat
body
Bagian fenders telah di chrome
Serial number Mulai CB100-200001.
CB K2…mesin ini nongol tahun 1972..juga
berselang 1 tahun…rajin kan….merilis mesin baru…
CB K2, CB gelatik
Warna
White dengan Light Scarlet Red
White dengan Aquarius Blue
Upper gas tank panel berwarna merah atau
biru dan the lower part berwarna hitam
Dop side cover emblem juga berwarna merah
atau biru
Shock depan dan batok lampu berwarna hitam
Cover shock belakang chrome
Serial number mulai CB100-1200001.
Komentar
Posting Komentar