SEJARAH HONDA CB SERIES
Sejarah CB Series
Ada puluhan seri dan ribuan tipe motor
yang diproduksi Honda telah menyebar ke seluruh dunia. Dari puluhan
tipe tersebut, seri CB (CB Series) merupakan seri yang cukup banyak
diproduksi dari segi cakupan maupun kuantitasnya. Banyak model CB masih
dijual sebagai komuter dan motor jelajah. Semua seri CB memiliki mesin
inline. Beberapa tipe CB diproduksi untuk kegunaan balap, contohnya CB
50 yang populer di balap motor tua dan CB 750 yang memenangi balapan di
Amerika hingga menjadi titik tonggak penyebaran Honda ke seluruh dunia.
Tidak semua tipe CB masuk ke setiap negara. Masing-masing negara
mempunyai “cabang perusahaan” yang akan menentukan tipe bagaimana yang
sesuai dengan kultur negara tersebut. Di Amerika misalnya, CB 750 laris
manis bak kacang goreng dan hampir tidak mengenal CB 100, sebaliknya di
Indonesia CB 100 lebih laku dijual daripada CB 750.
Berikut ini garis besar kronologi produksi Honda CB :
1959 Honda mengeluarkan
CB72 Hawk dengan kapasitas 250 cc, 4 kecepatan.
1961 Honda model sport baru CB77 Super Hawk (305 cc).
1965
Honda ingin merambah pasar baru dengan meluncurkan mesin besar CB
Twin 450 cc yang bisa mencapai 104 mph. Honda CB450 mempunyai engine
445cc, air cooled, DOHC, 4 valves, paralel twin, transmisi 4 kecepatan
berpenggerak rantai, sasis steel twin craddle, suspensi teleskopik depan
dan belakang twin shocks. Mampu mengeluarkan power sebesar 43HP pada
8500 RPM. Rem depan dan belakang menggunakan tromol. Honda ini
disebut juga Black Bomber. Disebut black karena body-nya hitam termasuk
tankinya yang dilengkapi aksesoris krom pada kedua sisinya. Selain
itu, bahasa iklan Honda ini di Inggris adalah “Meet the big black bomber
– The biggest beefiest touring twin from Japan…!”. Motor ini adalah
motor kecepatan Jepang pertama yang mengubah opini masyarakat saat itu.
1968
Honda menghentikan produksi pengembangan CB72 dan CB77 untuk memulai produksi motor sport CB350 dan CB250 (mampu mencapai 106 mph).
Honda menghentikan produksi pengembangan CB72 dan CB77 untuk memulai produksi motor sport CB350 dan CB250 (mampu mencapai 106 mph).
1969
Di awal tahun di Tokyo Motor Show, Honda mengeluarkan sebuah motor
bersejarah CB 750 Four setelah berbulan-bulan beredar rumor tentang
motor tersebut. Motor tersebut mendapatkan emas pada tahun ini.
1970
Pada
bulan Maret 1970, Dick “Bugsy” Mann seorang pilot Amerika terkenal
menggunakan CB 750 berhasil memenangi kejuaraan Daytona International
Speedway di Amerika Serikat pada kelas 200 mil. Pada saat itu, di
Amerika ada pepatah bahwa barang siapa produsen motor memenangkan
kejuaraan tersebut pada hari Minggu, maka pada hari Senin sudah bisa
menjual produk tersebut. Kemenangan tersebut merupakan titik balik
kemajuan perusahaan Honda. Ratusan ribu CB 750 kemudian berhasil
dilempar di pasaran Amerika dan dunia.
1971
Honda mengeluarkan CB 500 Four.
1972 Honda memperkenalkan CB 350 Four.
1973
Honda yang sebenarnya kurang suka dengan kebisingan yang dihasilkan
oleh motor 2 tak, terpaksa mengeluarkan CR250 untuk bisa berkompetisi
dan terbukti Gary Jones memenangkan AMA Motocross Championship di tahun
pertama. Soichiro Honda pensiun tapi masih menjadi anggota dewan
direksi.
1974
Honda memproduksi CB 50 dengan mesin horisontal 5 percepatan
1975
Honda menyajikan motor jalanan CB 400
Four dengan knalpot yang ramah polusi suara yaitu 4 knalpot menjadi satu
di sisi kanan motor.
1976
Honda CB 750 A berinovasi lagi dengan sepeda motor pertama bertransmisi otomatis.
1979
Meluncurkan Honda CBX luar biasa, sebuah motor sport super model 6 silinder bermesin 1047 cc.
Komentar
Posting Komentar